Senin, 25 April 2011

Sebuah Film Layar Lebar Rama Kanjeng

Mengapa Soegijapranata? Sejak tahun 2008, SAV Puskat telah merencanakan memproduksi sebuah film tentang Mgr. Albertus Soegijapranata, SJ. Film ini dimaksudkan sebagai satu persembahan bagi bangsa Indonesia tentang seorang pahlawan Nasional yang besar kecintaannya pada tradisi, berpihak pada kaum lemah, kuat dalam pembentukan afeksi kecintaan pada bangsa dan Negara Indonesia dan sangat berperan dalam perkembangan Gereja...

Mengapa Soegijapranata?

Sejak tahun 2008, SAV Puskat telah merencanakan memproduksi sebuah film tentang Mgr. Albertus Soegijapranata, SJ. Film ini dimaksudkan sebagai satu persembahan bagi bangsa Indonesia tentang seorang pahlawan Nasional yang besar kecintaannya pada tradisi, berpihak pada kaum lemah, kuat dalam pembentukan afeksi kecintaan pada bangsa dan Negara Indonesia dan sangat berperan dalam perkembangan Gereja Katolik di Indonesia. Berbeda dengan ke-2 film sebelumnya yang diproduksi dalam format film dokumenter, ketokohan Mgr. Albertus Soegijapranata SJ akan disajikan dalam format film cerita. Dipilih format ini karena film cerita memiliki kekuatan untuk memberikan ruang interpretasi yang lebih luas dan dalam bagi penontonnya. Memang disadari bahwa sebuah produksi film cerita membutuhkan kerumitan kerja yang lebih tinggi dan dukungan dana yang tidak sedikit, tetapi lewat film cerita, nilai-nilai kepahlawanan Mgr. Soegijapranata SJ tidak hanya akan sekedar disimak sebagai sebuah dokumentasi sejarah secara audio visual tetapi lebih jauh lagi, nilai-nilai kepahlawanan dan semangat nasionalisme tersebut akan dapat diselami, dirasakan, dan pada akhirnya akan dihidupi dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan beragama bagi Indonesia yang beragam.
Profil singkat SAV Puskat
Studio Audio Visual Puskat dikembangkan oleh pastor-pastor Jesuit dalam kerjasama dengan kaum awam professional di Yogyakarta sejak tahun 1970. Perhatian utama Studio Audio Visual adalah komunikasi bagi pengembangan masyarakat.
Karakteristik SAV Puskat adalah bercorak keagamaan plural, professional dalam bidang media komunikasi dan nirlaba. Karakteristik ini adalah perwujudan dari visinya untuk menciptakan kebahagiaan bagi masyarakat dengan menggali nilai-nilai tradisi dan spiritualitas. Visi ini mengilhami SAV Puskat untuk menjalankan misinya yaitu memanfaatkan inspirasi dari budaya lokal dan tradisi agama, membangun masyarakat madani dan plural, melestarikan keselarasan alam, mengembangkan budaya lokal, dan mendukung gerakan anti kekerasan dan hidup damai dalam masyarakat plural yang madani.
Dalam mewujudkan misinya, SAV Puskat menjalankan strateginya dengan menyelenggarakan kegiatan produksi audio visual untuk mendukung spiritualitas dan humanisme, menyelenggarakan training media audi visual dan training komunikasi, melaksanakan pengembangan masyarakat, mendukung kegiatan-kegiatan budaya dengan menyelenggarakan pertunjukan dan pameran budaya, menjalin kerjasama dengan lembaga dan individu yang memiliki visi yang sama.
Selama 3 tahun terakhir (Januari 2006 – Desember 2008), SAV Puskat menyelesaikan 57 judul program video dan 24 program video PENYEJUK IMANI KATOLIK, yang disiarkan di INDOSIAR setiap seminggu sekali. Untuk training, selama Januari 2006 – Desember 2008, SAV Puskat telah menyelenggarakan 53 training komunikasi di SAV Puskat maupun di SAV Puskat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar